Sabtu, 23 April 2011

HITAM PUTIH USU

Bukannya sok sombong untuk buat suatu artikel ini, tapi ya .. hanya kebetulan ada kewajiban membuat artikel ini, karena persyaratan masuk suatu organisasi kampus ( hi..hi...hi.. promosi)... Aku buat artikel yang berjudul seperti ini, bukan untuk menjelek-jelekkan kampusku, aku hanya mengungkapkan yang aku ketahui tentang kampusku, walaupun belum genap setahun aku di sini, tapi ya cekidot dah baca sendiri artikel nya.....


<!--[if gte mso 9]> Normal 0 false false false IN X-NONE X-NONE

HITAM PUTIH USU

Di zaman sekarang ini, sangat sulit untuk memperoleh suatu pekerjaan , dalam arti pekerjaan yang mempunyai kategori baik dan banyak di perebutkan oleh masyarakat luas. Karena, biasanya pekerjaan yang baik itu, pasti memiliki berbagai persyaratan bagi pelamar yang ingin bekerja di perusahaan itu. Mulai dari usia, status kekeluargaan, kelakuan yang baik, dan yang paling sering dibuat sebagai syarat yang paling penting adalah jenjang pendidikan sang pelamar pekerjaan. Jenjang pendidikan sering menjadi syarat utama dan syarat yang sulit dicapai oleh pelamar. Biasanya jenjang pendidikan bagi pelamar adalah D3 ataupun S1. Oleh karena itu, banyak orang yang melanjutkan pendidikan mereka ke jenjang Perguruan Tinggi. Di Indonesia, banyak sekali nama-nama Perguruan Tinggi yang telah berdiri, mulai dariPerguruan Tinggi Negeri maupun Swasta. Perguruan Tinggi yang telah terakreditasi baik maupun yang belum terakreditasi sama sekali.

Kita ambil cakupan yang lebih kecil, untuk daerah Sumatera Utara, memiliki Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta. Salah satunya adalah Universitas Sumatera Utara ( disingkat USU ).Sekilas pandang tentang USU, USU merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang ada di Sumatera Utara. USU didirikan sebagai Yayasan Universitet Sumatera Utara pada tanggal 4 Juni 1952. Fakultas pertama adalah Fakultas Kedokteran yang didirikan pada 20 Agustus 1952, yang kini diperingati sebagai hari jadi USU. Presiden Indonesia, Soekarno kemudian meresmikan USU sebagai universitas negeri ketujuh di Indonesia pada tanggal 20 November 1957.

Kampus USU Padang Bulan sebagai kampus utama berlokasi di Keluarahan Padang Bulan Kecamatan Medan Baru. Kampus ini mulai digunakan sejak tahun 1957, sebelumnya beberapa Fakultas di lingkungan USU menggunakan sejumlah gedung yang tersebar di kota Medan termasuk di antaranya berlokasi di Jalan Seram, Jalan Cik Ditiro, Jalan Sempali, dan Jalan Gandhi. Kampus Padang Bulan yang pada awalnya terdapat di pinggiran kota Medan, kemudiaan dengan perkembangan kota Medan sehingga sekarang berada di tengah-tengah kota. Kampus ini memiliki luas sekitar 122 Ha, dengan zona akademik seluas sekitar 100 Ha yang berada ditengahnya. Di periode sekarang ini, USU berada di bawah kepemimpinan rektor Prof. Dr. dr. Syahril Pasaribu, DTM&H, MSc(CTM). Sp.A(K).

USU memiliki 14 fakultas/sekolah yaitu Kedokteran, Hukum, Pertanian, Teknik, Kedokteran Gigi, Ekonomi, Sastra, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu-ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Kesehatan Masyarakat, Farmasi, Psikologi, Keperawatan dan Pascasarjana. Jumlah program studi yang ditawarkan sebanyak 135, terdiri dari 19 tingkat doktoral, 32 magister, 18 spesialis, 5 profesi, 46 sarjana, dan 15 diploma. Jumlah mahasiswa terdaftar saat ini lebih dari 33.000 orang, 1000 di antaranya adalah mahasiswa asing.

Sebagai salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang masuk dalam katergori baik, USU pasti mempunyai banyak keunggulan yang dijadikan senjata untuk mendingkrak namanya untuk menjadi Perguruan Tinggi yang baik di Indonesia. USU Sumatera. USU termasuk Perguruan Tinggi yang memiliki biaya SPP murah di Indonesia. Padahal USU merupakan Perguruan Tinggi Negeri, banyak Perguruan Tinggi Negerio di Indonesia menetapkan biaya SPP yang termasuk dalam kategori yang mahal. Tetapi, USU masih masuk ke dalam Perguruan Tinggi yang memiliki biaya SPP yang murah. Rata-rata biaya kuliah untuk jenjang S1 dalam kategori ilmu eksakta ( seperti; FK, FT, FP, FMIPA, dan lainnya) memiliki biaya SPP Rp.1.500.000,00 – Rp.2.000.000,00 / tahun. Dan untuk jenjang S1 dalam kategori imu sosial ( seperti; FH, FE, FISIPOL, dan lainnya) memiliki biaya SPP Rp.1.000.000,00 – Rp. 1.500.000,00 / tahun. Dapat dilihat bahwa biaya SPP di USU masuk dalam kategori murah, dibandingkan dari Perguruan Tinggi Negeri lainnya di Indonesia. Biaya murah belum tentu murahan. USU termasuk Perguruan Tinggi Negeri yang dapat bersaing di tingkat Nasional dan Internasional. Selain itu, Di USU mempunyai banyak jenis kegiatan yang berbau pengembangan diri, yang di sebut UKM ( Unit Kegiatan Mahasiswa). UKM di USU begitu beragam, mulai dari Pramuka, UKM di bidang dakwah, UKM di bidang jurnalistik dan UKM di bidang olahraga. Tujuan dibentuknya UKM ini, agar mahasiswa/i USU mendapatkan suatu keahlian atau skill di luar hal-hal yang dipelajarinya di perkuliahan. Beberapa beasiswa pun banyak ditawarkan bagi mahasiswa/i yang dikatakan prestasi ataupun bagi mahasiswa/i yang kurang mampu. Beasiswa yang ditawarkan yaitu beasiswa PPA, BBM, Bidik Misi, Djarum, Pertamina, Sempoerna, dan masih banyak lagi besiswa yang ditawarkan bagi mahasiswa/i Perguruan Tinggi ini. Selain keunggulan seperti yang dibahas sekilas tersebut, masih ada lagi keunggulan yang lainnya dari Perguruan Tinggi Negeri ini.

Setelah kita melihat dan membahas beberapa keunggulan dari USU, marilah kita beralih ke sisi USU yang lain. Di balik keunggulan Perguruan Tinggi ini, pasti memiliki kekurangan yang di punyai setiap
Perguruan Tinggi. Beberapa kekurangan dari USU yaitu; Penataan tiap-tiap fakultas yang kurang baik. Di USU, penataan antar fakuktas masuk ke dalam kategori yang kurang baik. Hal ini disebabkan, susunan antar fakulta yang masih acak-acakan. Kita ambil sebagai contoh untuk fakultas Teknik. Fakultas Teknik memiliki 6 departemen yaitu; Departemen Teknik Sipil, Arsitektur, Kimia, Mesin, Industri, dan Elektro. Keenam departemen Teknik ini, mempunyai susunan yang masih acak-acakan. Dalam arti, susunan Fakultas Teknik belum menjadi satu kesatuan, masih tersebar satu diantar lainnya. Hal ini dapat menyebabkan kebingungan masyarakat yang ingin mengunjungi Fakultas Teknik ini.

Lokasi USU pun masih masuk dalam kategori yang kurang baik. Baru-baru ini USU mendapatkan suatu bencana banjir, yang melumpuhkan seluruh aktifitas perkuliahan pada hari itu. Pada saat bencana banjir itu terjadi, USU masih menjalankan kegiatan Ujian Tengah Semester untuk semester genap ( UTS 2011). Akibat banjir itu, beberapa fakultas haru menghentikan kegiatan ujian yang digantikan di minggu berikutnya. Selain bencana banjir tersebut, lokasi USU yang kurang baik, di sekitar USU sering terjadinya kemacetan. Yaitu di jalan Dr. Mansur, Jamin Ginting, dan di daerah Padang Bulan. Karena kemacetan ini, perjalanan mahasiswa/i menjadi tehambat ke USU. Oleh karena itu, tidak sedikit mahasiswa/i yang terlambat menghadiri perkuliahan mereka.

Dari sisi kualita gedung, USU masih memakai gedung lama, hanya beberapa fakultas yang sudah memakai gedung baru. Padahal alangkah lebih baiknya gedung-gedung di USU ini harus sudah memakai gedung-gedung baru. Selain masalah gedung, kekurangan USU lainnya adalah sistem online di masing-masing fakultas di USU. Harusnya masing-masing fakultas di USU, harus sudah mempunyai website sendiri. Website ini dapat dipergunakan untuk membantu mahasiswa/i untuk mencari berita, informasi, dan yang berhubungan dengan perkuliahan di fakultasnya sendiri.

Dari perbandingan kelebihan dan kekurangan tersebut dapat kita ambil kesimpulan bahwa, setiap Perguruan Tinggi di Indonesia, haruslah menjaga kualitas Perguruan Tinggi tersebut. Agar masyarakat di Indonesia maupun di negara-negara lain, semakin bertertarik untuk melanjutkan pendidikannya di jenjang Perguruan Tinggi. Karena semakin tinggi taraf pengetahuan dan wawasan masyarakat Indonesia, semakin tinggi taraf kehidupan masyarakat nya, dan dapat membuat negara Indonesia menjadi negara maju yang belum pernah kita dapatkan selama ini.

4 komentar:

  1. lanjut kann sobb,, ia menuRuT gw,,, sIHh,, tErganTUNg MAhaSisWa jUGA>>>...

    emAs PUn jIKA di lEtaKkan di DalaM lUMpUR tetAp emAs jUGA,, KAn,,heheh

    so,,, HArus seManGAt KUliaHH menAmBAh KUaLITas Diri<<jaGA Nama BAik KMApUS masINg MAsINgg OKehh unTUk menJAdi reMAja BerPREstaSii, UNTuk KOTA tebINg tinGGI,,

    #ngarang.com..heheh

    BalasHapus
  2. hahahahha...
    iya.. tp kn ni cuma pendapat q doank...
    masing2 hal pasti punya sisi positif n negatif nya..

    thx ya udh mw koment..
    wkwkkwwk..
    btw, tw dr mana blog q jol???
    :D

    BalasHapus
  3. hahaha,,,gw sihh,,tauu dari,,fb luu,,,

    iseNg gw buka ajahh,,lahh,,
    okee lahh,,,,tetap berKarya,,ya,,

    TebINg TInngII banGGa meMilikimuu,,,
    heheh

    BalasHapus
  4. hahhaa...

    bagus lh, berrarti ko liat promosi q d fb..

    ok...
    harus tetap berjaya anak tebing di dunia maya okkkk./..

    BalasHapus